Perbedaan Mendasar Antara Penilaian Formatif dan Sumatif
Salam sejahtera dan salam bahagia sahabat Diktara.
Tabik Pun
Proses pembelajaran yang dilakukan oleh Tutor terhadap warga belajar perlu adanya penilaian. Dalam kegiatan pembelajaran, ada bentuk penilaian yang cukup dikenal oleh para tenaga pendidik, yaitu penilaian formatif dan juga penilaian sumatif.
Penilaian formatif adalah penilaian yang dilakukan dengan tujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Sesuai dengan tujuannya, penilaian formatif dapat dilakukan di awal dan di sepanjang proses pembelajaran.
Sedangkan penilaian sumatif yakni sebuah penilaian yang bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) warga belajar, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan.
Penilaian pencapaian hasil belajar warga belajar dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar warga belajar dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
Ada berapa perbedaan mendasar antara penilaian formatif dan juga sumatif. Seperti apa perbedaannya? Yuk simak terus ulasan singkat dibawah ini!
Waktu pelaksanaan
Pada penilaian formatif, umumnya dilakukan saat proses pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi berlangsung. Dapat dilakukan di awal maupun sepanjang proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan untuk penilaian sumatif, dapat dilakukan pada akhir pembelajaran.
Tujuan penilaian
Tujuan dari penilaian formatif adalah mengetahui perkembangan penguasaan warga belajar terhadap suatu unit/bab/kompetensi yang sedang dipelajari. Berbeda dengan penilaian formatif, penilaian sumatif bertujuan untuk mengetahui pencapaian pembelajaran warga belajar pada pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi yang telah berakhir.
Output
Output akhir dari penilaian formatif adalah sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi yang sedang dipelajari agar warga belajar mencapai penguasaan yang optimal. Sedangkan output akhir penilaian sumatif adalah sebagai bukti mengenai apa yang dikuasai oleh warga belajar.
Hasil penilaian
Hasil penilaian formatif tidak digunakan untuk menentukan nilai rapor keputusan kenaikan kelas/tingkat, kelulusan, atau keputusan-keputusan penting lainnya. Untuk penilaian sumatif, justru untuk menentukan hal-hal tersebut.
Nah itu dia perbedaan mendasar antara penilaian formatif dan juga penilaian sumatif. Pada Kurikulum Merdeka, Tutor diharapkan untuk lebih banyak mengutamakan penilaian formatif, untuk mendapatkan umpan balik dan mengetahui perkembangan pembelajaran warga belajar.
Namun, penilaian sumatif juga tetap digunakan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Mina! (Sumber)
Bacaan lainnya :
- Pelaksanaan ANBK 2024 Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket B SMP di SPNF PKBM Ronaa Metro Berjalan Tertib dan LancarANBK Kejar Paket B SMP memberikan gambaran tentang capaian pembelajaran warga belajar dalam bidang literasi, numerasi, dan survei karakter
- Pelaksanaan Asesmen Sumatif 1 di PKBM Ronaa Metro : Sukses dan TertibSPNF PKBM Ronaa Metro berkomitmen untuk terus mendampingi warga belajar dalam proses pendidikan kesetaraan, memastikan bahwa setiap individu mendapatkan haknya untuk belajar dan berkembang
- Selamat Menjalani Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2024 – Kejar Paket C SMA di PKBM Ronaa MetroKelompok Belajar jenjang Paket C SMA di Satuan Pendidikan Non Formal PKBM Ronaa, Kota Metro, telah memulai perjalanan penting dalam pendidikan mereka melalui Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada tanggal 19-20 Agustus 2024
- “Kolaborasi Pintar : PKBM Ronaa dan SPNF Se-Kota Metro Gelar Penilaian Pembelajaran Serentak”SPNF PKBM Ronaa bersama-sama dengan SPNF di Kota Metro menggelar kegiatan penilaian yang melibatkan dua aspek utama, yakni Asesmen Sumatif dan Uji Modul Kesetaraan mulai tanggal 6 – 9 Februari 2024
- Perbedaan Mendasar Antara Penilaian Formatif dan SumatifAsesmen formatif dan asesmen sumatif merupakan dua pendekatan evaluasi yang berbeda dalam dunia pendidikan. Asesmen formatif lebih menekankan pada pengumpulan informasi selama proses pembelajaran, sementara asesmen sumatif lebih berfokus pada penilaian hasil akhir suatu periode pembelajaran.