Kalender Pendidikan

KALENDER PENDIDIKAN DAN KURIKULUM

Dalam dunia pendidikan, kalender pendidikan dan kurikulum menjadi pilar utama yang mengatur dan membimbing setiap langkah kegiatan pembelajaran di sekolah. Keduanya memiliki peran krusial untuk menciptakan suatu lingkungan belajar yang terstruktur dan efektif bagi siswa serta tenaga pendidik.

Kalender pendidikan, seperti peta navigasi waktu, menjadi pedoman yang menentukan dimulainya dan berakhirnya setiap semester, libur sekolah, dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Dengan adanya kalender pendidikan, seluruh stakeholder di sekolah dapat mengantisipasi dan merencanakan kegiatan dengan lebih baik, sehingga menciptakan kelancaran dalam proses belajar-mengajar.

Sementara itu, kurikulum bertindak sebagai fondasi intelektual yang membentuk materi pelajaran dan metode pengajaran. Dengan merinci setiap tahapan pembelajaran, kurikulum menciptakan suatu alur pembelajaran yang logis dan terarah. Pembaharuan kurikulum yang berkelanjutan juga menjadi kunci untuk menjawab tuntutan perkembangan zaman dan memastikan relevansi materi pelajaran.

Keselarasan antara kalender pendidikan dan kurikulum memainkan peran penting dalam menjamin keberlanjutan dan efisiensi proses pembelajaran. Dengan demikian, setiap satuan pendidikan dapat menjalankan kegiatannya dengan baik, menjadikan pengalaman belajar siswa lebih bermakna, dan membawa dampak positif bagi perkembangan dunia pendidikan. Semua ini, tentu saja, dilakukan demi mencetak generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan pengetahuan yang solid dan keterampilan yang relevan.

A. KALENDER PENDIDIKAN

1. Tahun Pelajaran 2021/2022

Kalender Pendidikan Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

2. Tahun Pelajaran 2022/2023

Kalender Pendidikan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023

Kalender Pendidikan Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023

3. Kalender Pendidikan 2023/2024

Kalender Pendidikan Semester Ganjil

Kalender Pendidikan Semester Genap

Kalender Pendidikan Tahun 2024 oleh Pustekom PKBM Ronaa

4. Kalender Pendidikan Provinsi Lampung

Kalender Pendidikan Semester Ganjil dan Semester Genap

KALENDER PENDIDIKAN PROV. LAMPUNG oleh Pustekom PKBM Ronaa

B. KURIKULUM

1. Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 sudah diberlakukan sebagai kurikulum nasional sejak tahun ajaran 2013/2014. Sebagai kurikulum nasional, Kurikulum 2013 memenuhi kedua dimensi kurikulum: yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran; dan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Pemenuhan beban kerja dan penataan linieritas guru bersertifikat pendidik dalam implementasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 mengacu pada ketentuan perundang-undangan.

2. Kurikulum Merdeka

a. Informasi Kurikulum Merdeka (PMM, Perangkat Kurikulum, dsb)

b. Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Kesetaraan

c. Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan Kesetaraan

Info Lainnya :