Tatap Muka

Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta belajar dengan tutor/pendidik. Untuk sistem pendidikan kesetaraan kegiatan tatap muka dilakukan dengan strategi bervariasi, baik ekspositori maupun diskoveri inkuiri.

Ekspositoris adalah strategi pembelajaran yang menitik beratkan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang tutor/pendidik kepada sekelompok peserta belajar dengan maksud agar peserta belajar dapat menguasai materi pembelajaran secara optimal. Nasution (2017:91). Sedangkan Diskoveri menurut Syaiful Bahri dan Aswan Zain (2002: 22), “discovery inquiry adalah belajar mencari dan menemukan sendiri”. Berdasarkan pengertian tersebut maka dapat disimpulkan pembelajaran discovery-inquiry adalah suatu kegiatan mental melalui tukar pendapat, dengan diskusi, seminar, membaca sendiri, mencoba sendiri sehingga menemukan konsep sendiri

Metode yang digunakan seperti ceramah interaktif, presentasi, diskusi, pembelajaran kolaboratif dan kooperatif, demonstrasi, eksperimen, dll. Untuk sekolah yang menerapkan sistem SKS, kegiatan tatap muka lebih disarankan dengan strategi ekspositori. Namun demikian tidak menutup kemungkinan menggunakan strategi dikoveri inkuiri. Metode yang digunakan seperti ceramah interaktif, presentasi, diskusi kelas, tanya jawab, atau demonstrasi.

Pembelajaran di SPNF. PKBM Ronaa dilaksanakan pada malam hari, kenapa dilakukan pada malam hari? karena, hampir 80% sahabat diktara (peserta belajar) adalah sibuk bekerja dan yang berjarak jauh diterapkan metode pembelajaran mandiri/Daring.

Berdasarkan musyawarah bersama antara Waka Kurikulum bersama peserta belajar (Kontrak belajar) telah disepakati bahwa untuk pembelajaran dilaksanakan pada malam hari. Sebagai salah satu satuan pendidikan non formal yang melayani pendidikan yang dapat dijangkau oleh masyarakat baik secara proses dan pelaksanaannya jangan sampai memberatkan dalam melaksanakan pembelajaran tapi tetap memenuhi dan mengacu standar proses mutu pendidikan non formal

Pelaksanaan pembelajaran rutinitas tatap muka yang diselenggarakan oleh SPNF. PKBM Ronaa :