Kampung Literasi
Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Kota Metro Tahun 2022 Berlangsung Meriah

Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Kota Metro Tahun 2022 Berlangsung Meriah

Salam Sejahtera dan Salam Bahagia Sahabat Diktara

Tabik pun.

[Metro, 14 September 2022] Dalam rangka memperingati Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan, Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Perputakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro, menggelar Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2022.

Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2022 mengusung tema “Gelorakan Semangat Literasi dan Berkunjung ke Perpustakaan” berkolaborasi dengan 5 Kecamatan untuk menampilkan Stand Literasi dan Inklusi Sosial, selain itu terdapat juga bazar buku dan UMKM.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) Kota Metro Farida, melaporkan bahwa kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan yang dilakukan selama tiga hari dimulai dari 12 sampai 14 September 2022, merupakan langkah-langkah untuk meningkatkan minat baca di Kota Metro setelah melewati masa pandemi.

“Salah satu cara yang dilakukan Dispusarda Kota Metro agar dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan dan mengelorakan semangat literasi, yaitu dengan diadakannya lomba-lomba, e-book dan melakukan kegiatan keliling sekolah mengunakan Bus Perpustakaan. Kedepannya Dispusarda akan melakukan berbagai kegiatan-kegiatan literasi, salah satunya dengan mengadakan lomba perpustakaan agar meningkatkan minat membaca terutama anak-anak dan kaum milenial,” ujar Farida.

Senin (12/09) Hari pertama gelaran Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) Tahun 2022 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro dilaksanakan dengan lancar. Acara diawali dengan mewarnai bersama PAUD dan TK dari 5 kecamatan se Kota Metro sekira pukul 08.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan penampilan dongeng dari Kampung Dongeng Metro. Bunda Literasi dari 5 kecamatan se Kota Metro juga menampilkan pentas seni anak usia dini dari masing-masing kecamatan setelah penampilan dongeng.

Di waktu yang bersamaan, berlangsung beberapa perlombaan Sayembara Literasi yaitu Lomba Pidato Bahasa Lampung tingkat SMP se Kota Metro di lantai 2 ruang baca umum dan Lomba Bercerita tingkat SD se Kota Metro di lantai 3 aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro.

Lalu dilanjutkan Acara NGOPI ( Ngobrol Seputar Literasi) yang dilaksanakan 2 sesi, dimana Kampung Literasi Metro menjadi salah satu narasumber pada kegiatan tersebut.



Bunda Literasi Kota Metro Silfia Naharani, dalam Sambutanya menyampaikan bahwa

“Literasi bukan hanya tentang membaca dan menulis, tetapi juga merupakan bentuk implementasi dari apa yang dibaca dan dipelajari oleh anak-anak dengan mengaktualisasikanya”

Bunda Literasi Kota Metro

Kedepannya Dispusarda Kota Metro akan melakukan berbagai kegiatan-kegiatan literasi, sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan dan mengelorakan semangat literasi di Kota Metro. [Pai]

Liputan Tim Kampung Literasi Metro :
Kontributor : Amin Budi Utomo
Dokumentasi : Rika Seftiani

Artikel lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.