Kegiatan Pembelajaran
Studi Kelola Satuan Pendidikan Non Formal Propinsi Jambi di SPNF. PKBM Ronaa

Studi Kelola Satuan Pendidikan Non Formal Propinsi Jambi di SPNF. PKBM Ronaa

Salam Sejahtera & Salam Bahagia..

Semoga kita selalu diberikan kesehatan, sehingga kita mampu melaksanakan kegiatan sehari-hari tanpa halangan suatu apaun. Amin

SPNF. PKBM Ronaa – Rabu, 13/10/2021 mendapat kunjungan dari sahabat sahabat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi (Cek profil di website)

Sahabat KKI Warsi (Warung Informasi Konservasi) merupakan lembaga swadaya masyarakat yang mana kegiatannya meliputi diantaranya pendampingan kepada masyarakat di sekitar dan di dalam hutan salah satunya adalah pelayanan pendidikan masyarakat (Dikmas), memfasilitasi pegiat pendidikan non formal dalam studi kelola satuan pendidikan non formal di SPNF. PKBM Ronaa Metro

Dalam rangka melayani pendidikan masyarakat Suku Anak dalam diperlukan wadah untuk pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran yakni dalam bentuk Satuan Pendidikan Non Formal sebagai pendidikan alternatif yang mana regulasinya serta Standard Operating Procedure (SOP) telah di tetapkan oleh pemerintah. artinya penyelenggaraan pendidikan non formal itu legal.

Mengingat Pendidikan Non Formal adalah merupakan sebuah solusi bagi masyarakat suku anak dalam yang mana kehidupan sehari-harinya masih tergantung dengan alam, atas dasar itu KKI Warsi bersama sahabat pegiat non formal di Propinsi Jambi menyelenggarakan pendidikan alternatif melalui program-program yang diberikan oleh pemerintah, Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (Dit. PMPK) diantaranya pendidikan Kesetaraan dan Keaksaraan.

Berikut Satuan Pendidikan Non Formal yang berkunjung pada acara Studi Kelola satuan pendidikan non formal :

  1. SPNF. PKBM Tunas Berkembang
  2. SPNF. PKBM Bunga Kembang
  3. PAUD. Mentari Rimba


Adapun personal yang hadir :

  1. Helmi Setyowati
  2. Lis Romlah
  3. Siska Endriyani
  4. Yohana Pamelia Marpaung
  5. Rumiyati
  6. Jauharul Maknun
  7. Imam Machfudin
  8. Ahmad Rizal
  9. Astri
  10. Ronnie Effendi

Kepoin akun media sosial terkait pegiat pendidikan non formal Suku Anak Dalam Propinsi Jambi :

  1. KKI.Warsi
  2. Kanti.Awok
  3. rerennie23
  4. jmn_jauharul7

Kegiatan pelaksanaan Studi kelola satuan pendidikan non formal berlangsung selama 3 (tiga) hari. Mulai dari tanggal 13 – 15 Oktober 2021. Dengan agenda sebagai berikut :

  1. Studi Kelola satuan pendidikan non formal (SPNF), Tanggal 13 – 14 Oktober 2021 lokasi di SPNF. PKBM Ronaa Metro
  2. Studi Kelola satuan PAUD, Tanggal 15 Oktober 2021 lokasi di SPNF. PKBM – PAUD Permata Metro

Mulai dari pembahasan legal standing, standar proses satuan pendidikan non formal hingga teknis pelaksanaan pembelajaran yang menyesuaikan keadaan masyarakat suku anak dalam.

Kegiatan tersebut bukan bersifat menggurui diantara sesama pegiat non formal, melainkan saling sharing / berbagi pengetahuan tentang pelaksanaan pendidikan non formal, pengalaman, metode dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Mencerdaskan anak bangsa merupakan tugas mulia, namun tugas tersebut harus tersetruktur dan sistematis agar jelas sasaran dan tujuan yang dicapai. Untuk itu dalam rangka memfasilitasi Suku Anak Dalam agar dapat mengenyam pendidikan yang terstruktur dan sistematis, peran pemerintah sangat dibutuhkan melalui pegiat pendidikan non formal agar apa yang menjadi maksud dan tujuan dapat tercapai dengan baik.

Diharapkan Pemerintah setempat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan seluruh stakeholder terkait mampu membina dan memfasilitasi SPNF. PKBM yang berada di tengah-tengah masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) di Propinsi Jambi.

“..Setiap orang menjadi guru, Setiap rumah menjadi sekolah..”

– Ki Hajar Dewantara –

Apresiasi yang setinggi tingginya kepada sahabat pegiat pendidikan non formal SPNF. PKBM Bunga Kembang, SPNF. PKBM Tunas Berkembang dan PAUD Mentari Rimba yang telah berjuang hingga saat ini tanpa henti-henti yang selalu konsisten dalam mencerdaskan anak bangsa yang ada di pedalaman (Suku Anak Dalam) Propinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.