Kegiatan Pembelajaran
Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021

Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021

Setiap tanggal 2 Mei, Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional atau disingkat dengan Hardiknas.

Di tahun ini, Hardiknas akan jatuh pada Minggu (2/5/2021), masih di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti tahun lalu. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor: 27664/MPK.A/TU.02.03/2021 menyampaikan sejumlah imbauannya terkait peringatan Kemdikbud di tahun 2021 ini.

SEJARAH

Secara singkat, ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional yakni diambil dari hari kelahiran tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara. Tokoh nasional asal Yogyakarta ini meninggalkan begitu banyak pemikiran bagi dunia pendidikan nasional. Diantaranya semboyan yang paling mainstream berbunyi:

“Ing ngarsa sung tulodho, ing madya mbangun karsa, tut wuri handayani”,

yang artinya “Di depan (guru) harus memberi contoh yang baik, di tengah-tengah (muridnya) harus menciptakan ide dan prakarsa, di belakang harus bisa memberi dorongan dan arahan).

Semboyan tersebut sampai saat ini masih digunakan dalam sistem pendidikan di Tanah Air, misalnya “Tut wuri handayani” yang dituliskan di dalam logo Kemendikbud. Tidak hanya semboyan, Ki Hajar Dewantara di sepanjang hidupnya juga telah memperjuangkan hak belajar kaum Pribumi di masa penjajahan Belanda dengan mendirikan lembaga Taman Siswa di Jogja.

Pada waktu itu, masyarakat yang awalnya kesulitan mengakses pendidikan sekarang bisa sama-sama merasakan luasnya samudera ilmu sebagaimana yang didapatkan oleh kaum bangsawan. Sehingga, pendidikan yang pada awalnya tidak mungkin terjangkau oleh kalangan masyarakat menengah kebawah mulai bisa dinikmati.

TEMA

Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 adalah “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.

LOGO

Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

Logo Hari Pendidikan Nasional serta Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dapat diunduh di laman www.kemdikbud.go.id.

HIMBAUAN

Mengimbau agar instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dapat menyelenggarakan aktivitas/kegiatan memperingati dan memeriahkan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19, serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik, dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

KAMPANYE

Untuk itu mari kita sosialisasikan tema dari Hari Pendidikan Nasional ini dengan menshare kampanye, silahkan buka link dibawah ini sebagai upaya mendukung program pemerintah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan – Merdeka Belajar

(Tag 3 of your friends or more here)
Get yourself this twibbon at twb.nz/haripendidikannasionalri
Also follow @twibbonize haripendidikannasionalri #twibbonize

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.